Senin, 31 Agustus 2015

On 20.00 by bengkel mobil arum sari in ,    2 comments
Bengkel Kaki Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto sudah puluhan tahun kami menjalin kerjasama dengan salah satu distributor Utama PT.Prima Per Tradea Utama (Distributor Suspensi, Terlengkap, Berkualitas dan Harga Bersaing, kami bangga dgn kepercayaan PT.Prima Per Tradea Utama dan akan terus kami jaga kepercayaannya.







Membuat Kendaraan Anda Nyaman dan Aman kembali, mengatasi masalah sebagai berikut :  
Mobil bunyi-bunyi, Mobil Melayang, Gagal Spooring, Bantingan Keras, Mobil Kurang Nyaman dikendarai, Makan Ban tidak rata 




Servis Kaki-Kaki Mobil :
1. Tierod
2. Long Tierod
3. Ball Joint
4. Link Stabilizer
5. Drag Link
6. Arm Pitcman
7. Tracker Bar
8. EPS (Electric Power Steering)



Untuk kendaraan yang sudah berusia diatas 5 tahun tentu sudah merasakan Kendaraan kesayangan sudah mulai ada perubahan dalam kenyamanan, dan hal ini wajar karena pemakaian kendaraan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kendaraan anda berubah kenyamanannya diantaranya faktor pemakaian kendaraan yang kontinue, kondisi jalan yang kurang baik, dan servis berkala yang minim.

Makin lama anda biarkan, mengakibatkan timbul bunyi-bunyi pada kendaraan dan makin memperparah kondisi kendaraan anda, sehingga faktor kenyamanan dan keamanan menjadi taruhannya. lalu apa solusi untuk kendaraan kesayangan ?




Kita akan jelaskan dulu gejala-gejala umum/bunyi-bunyi berikut komponen-komponen yang terdapat pada kaki-kaki mobil anda?

Gejala-gejala umum yang timbul biasanya sebagai berikut :

1. Mobil Melayang
2. Menimbulkan bunyi-bunyi seperti : ‘gluduk-gluduk’
3. Body Bergetar
4. Makan Ban tidan Rata
5. Bantingan keras
6. Mobil sulit dikendalikan
7. Gagal Spooring

Berikut ini komponen kaki-kaki mobil dan penjelasannya :

Shock Absorber juga bisa mengakibatkan mobil melayang karena saat mobil berjalan terdapat gerakkan dan tekanan pada mobil anda sementara shock absorbernya tidak mampu menahan tekanan yang datang pada mobil anda sehingga mobil sulit dikendalikan.Untuk mengetahui shock absorber bermasalah atau tidak, biasanya pemilik kendaraan merasakan ada perubahan pada mobilnya, antara lain :
  - mobil sulit dikendalilkan terutama pada saat mobil tiba-tiba menginjak lobang mobil melayang           atau oleng.
  - terdapat bunyi gemuruh atau suara “ gluduk gluduk” dan suara tersebut berada disekitar atas kap         mobil.
  -  mobil terasa mengayun dan langsung jatuh ketika melewati polisi tidur. dll.

Komponen mobil yang satu ini erat kaitannya dengan Steer mobil, Spooring dan balancing. L Tierod, end tierod terbuat dari bahan logam mempunyai fungsi meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda., Jika Tierod sudah aus atau rusak, kenyamanan berkendara dipastikan terganggu oleh suara-suara berisik seperti besi beradu “kletek kletek kletek”. Mobil menjadi sulit dikendalikan, bahkan jika dikendarai pada kecepatan tinggi dapat membahayakan karena kestabilan terganggu.

Pada BallJoint pengecekannya hampir sama dengan Tierod Cuma pada saat mobil di dongkrak ban digerakkan keatas dan kebawah /Vertikal. Fungsinya sebagai sumbu untuk mengubah arah dari sudut roda. Bentuk bagian dalam dari peranti ini menyerupai bola dan sebagai pelindung debu. Maka karet penutup digunakan untuk mempertahankan pelumasan pada peranti ini.

Komponen ini berfungsi menghubungkan lengan ayun (arm) dengan sasis agar tidak terjadi singgungan antar-logam. Karena itu, bushing menggunakan bahan karet. Semakin keras karet bahan yang digunakan, Mobil terasa lebih rigid atau kaku. tak heran bila Mobil balap kerap menggunakan bahan teflon atau polyurethane. Pemeriksaan: Untuk mendeteksi kerusakan, Anda akan mendengar suara berdecit akibat karet bushing sudah retak. Bila kerusakan sudah parah, tumbukan antara logam akan terdengar dan gerak bebas kemudi lebih banyak, terutama saat melewati marka jalan.

Komponen yang satu ini bertipe “Pekerja Keras” karna sangat vital buat kendaraan roda empat. Selain untuk lari As Roda juga berfungsi untuk akselerasi, untuk belok kanan dan kiri. gejala umum yang timbul antara lain : ketika kita belok ke kiri atau ke kanan akan timbul bunyi “ tek..tek..tek” berurutan  dengan cepat.

Tak jarang pemilik kendaraan lalai mengecek laher (bearing) roda. Bisa dimaklumi memang, karena letaknya yang tersembunyi di balik teromol roda atau di balik piringan cakram (disc brake). Bahkan ketika sedang melakukan pengecekan kampas rem pun, sering pula terlupakan. 
Padahal fungsinya amat vital. Ia menjaga kestabilan roda saat berputar dan membantu perputaran roda juga. Komponen ini termasuk mendapat beban kerja yang berat, baik pada saat kecepatan tinggi, atau ketika sedang menerima beban berat.

Per Ada dua jenis, yakni spiral atau di kalangan mekanik populer disebut per keong. Satunya lagi, leaf (per daun). Keduanya punya tugas meredam guncangan yang terjadi akibat kontur jalan yang dilalui kendaraan. Per model spiral lebih mengedepankan kenyamanan karena karakternya yang lembut. Sedang Leaf spring lebih mengutamakan kekuatan menahan beban

Gejala yang umum terjadi pada power steering adalah bunyi seperti besi beradu “ kletek kletek kletek” dan terjadi  tidak teratur alias sesuka hatinya, kadang di jalan yg berlubang, kadang dijalan halus dan di polisi tidur, posisi bunyi  ditengah. Ini dikarenakan gigi nanas yg terdapat di rack power steering terluka, sehingga jika pergerakkan pas mengenai gigi nanas  yang terluka maka akan menimbulkan bunyi -.bunyi  gejala kedua adalah  power steering terasa berat dan biasanya dikarenakan sell power steering yang sudah aus dan minyak rem yang  berkurang. pengecekan nya dengan  melihat minyak  power steering yang slalu berkurang dan steer yang terasa berat.

9. Ban "Aus Tidak Merata"
Banyak pengendara mobil yang bingung untuk masalah ini, langkah pertama biasanya langsung masuk ke bengkel spooring, dan wajar karena panik dan ban erat kaitannya dengan spooring. Disini saya akan menjelaskan penyebab ban aus tidak merata. hampir 75% penyebab ban aus tidak merata adalah shock absorber dan sisanya bisa disebabkan oleh balljoint, tekanan angin yang rendah, dan pelek yang tidak rata/oleng berputarnya.

10. Gagal Spooring
Banyak Pemilik mobil yang Panik ketika mobil kesayangannya mengalami AUS BAN TIDAK MERATA  tiba-tiba...biasanya langkah pertama membawa mobil ke Spooring dan Balancing, Salah.
Ban Aus Tidak Rata disebabkan oleh kaki-kaki mobil anda yang sudah harus di cek, karena sebuah bengkel Spooring yang bagus akan menolaknya dan menyarankan untuk menservis kaki-kaki mobilnya terlebih dahulu, karena akan membuang uang percuma...dimana setelan mobil anda selalu berubah walaupun sudah  di spooring,  Bawa mobil kesayangan anda ke bengkel spesialis kaki-kaki mobil kepercayaan anda, setelah itu mobil harus di spooring Mobil Anda Sehat Kembali. 









Servis kaki kaki mobil di bengkel arum sari murah dan berkualitas


REFERENSI

2 komentar:

  1. SERVICE PER DEPAN MOBIL SUZUKI ESTEEM THN 93 KIRA-KIRA MEMBUTUHKAN BIAYA BERAPA YA?

    BalasHapus